Thursday 13 August 2020

Akhlaq kepada Allah

Syaikh Al-'Allamah Al-Utsaimin, "Mayoritas orang beranggapan akhlaq yang baik hanya terkait muamalah dengan manusia semata tanpa memasukkan muamalah dengan Robbnya.

Ini pemahaman yang kurang. Karena akhlaq yang baik itu berlaku dalam muamalah dengan manusia dan juga berlaku dalam muamalah dengan Allah yang Maha Pencipta.

Adapun akhlaq yang baik dalam bermuamalah dengan Allah mencakup tiga perkara:

تلقي أخبار الله بالتصديق وتلقي أحكامه بالتنفيذ والتطبيق وتلقي أقداره بالصبر والرضا

"Menerima berita-berita dari Allah dengan tashdiq (membenarkannya), menerima hukum-hukum Allah dengan mengamalkannya, menerima ketentuan taqdir Allah dengan sabar dan ridho." (Makarimul Akhlaq hal. 16)

(Dinukilkan)

Tauhid & Birrul Walidain

Islam agama yang paling sempurna. Tidak hanya mengatur hubungan antara hamba dengan Robbnya tetapi juga mengatur hubungan antara anak dengan orangtuanya.

Hal ini telah diingatkan oleh Allah di dalam firman-Nya:

"Dan Tuhanmu telah mewasiatkan agar kamu jangan menghambakan diri kepada selain Dia dan hendaklah berbuat baik kepada kedua orangtuamu. Apabila salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berusia lanjut dalam pemeliharaanmu maka jangan sekali-kali engkau ucapkan kepada keduanya perkataan "ah" dan janganlah engkau membentak keduanya dan ucapkanlah kepada keduanya perkataan yang baik."