Monday 10 June 2019

Gelisah bukan karena kurang piknik, tapi karena terlalu sibuk dengan urusan dunia

Ya ikhwah, jangan jadikan hatimu terkait dengan dunia, jangan sampai dunia masuk ke dalam hatimu dan bercokol di dalamnya, teladanilah generasi terbaik umat ini, mereka menggenggam dunia, namun cukup sampai di situ dan tidak merasuk ke dalam hati. Maka jadilah mereka generasi yang mencurahkan segenap jiwa raganya untuk kehidupan akhirat, dunia sebatas di genggaman mereka sehingga mudah dilepaskan, mudah untuk diinfakkan di jalan Allah. Adapun kita wahai kaum muslimin, aina nahnu min haaulaai (di manakah kedudukan kita jika dibandingkan mereka)? Di mana?! Tentu sangat jauh dari mereka!

Aun bin Abdillah rahimahullah berkata:
‏إن من كان قبلكم كانوا يجعلون للدنيا ما فضل عن آخرتهم، وإنكم اليوم تجعلون لآخرتكم ما فضل عن دنياكم.
"Sesungguhnya orang-orang sebelum kalian menjadikan waktu untuk dunia apa yang tersisa setelah untuk akhirat mereka, sedangkan kalian menjadikan waktu untuk akhirat kalian apa yang tersisa dari urusan dunia kalian." (Hilyatul Auliya', jilid 4 hlm. 242)

Oleh karena itu wajib bagi kita untuk merenungi sekali lagi bahkan senantiasa merenungi apakah tujuan kita diciptakan di dunia ini. Sangat mengherankan jika seorang muslim telah mengetahui tujuan penciptaannya kemudian lalai dari hal tersebut, bukankah inilah puncak kedunguan?!

No comments:

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.