Wednesday 3 October 2018

Musibah Datang Dikarenakan Kesyirikan dan Maksiat yang Diperbuat



(Perlu diketahui), semua musibah yang terjadi di alam ini, berupa gempa dan musibah lainnya yang menimbulkan bahaya bagi para hamba serta menimbulkan berbagai macam penderitaan, itu semua disebabkan oleh perbuatan syirik dan maksiat yang diperbuat.

Perhatikanlah firman Allah Ta’ala,
وَمَا أَصَابَكُمْ مِنْ مُصِيبَةٍ فَبِمَا كَسَبَتْ أَيْدِيكُمْ وَيَعْفُو عَنْ كَثِيرٍ

"Wahai Manusia, bencana apa saja yang menimpa diri kalian, maka bencana itu adalah hasil kerja tangan-tangan kalian. Namun demikian amat banyak kesalahan-kesalahan kalian yang dimaafkan oleh Allah." (QS. Asy-Syuura: 30)

Allah Ta’ala juga berfirman,

مَا أَصَابَكَ مِنْ حَسَنَةٍ فَمِنَ اللَّهِ وَمَا أَصَابَكَ مِنْ سَيِّئَةٍ فَمِنْ نَفْسِكَ
"Wahai manusia, apapun nikmat yang kalian peroleh, semuanya datang dari Allah. Apapun musibah yang menimpa kalian adalah karena kesalahan kalian sendiri." (QS. An-Nisaa: 79)

Allah Ta’ala menceritakan tentang umat-umat terdahulu,
فَكُلًّا أَخَذْنَا بِذَنْبِهِ فَمِنْهُمْ مَنْ أَرْسَلْنَا عَلَيْهِ حَاصِبًا وَمِنْهُمْ مَنْ أَخَذَتْهُ الصَّيْحَةُ وَمِنْهُمْ مَنْ خَسَفْنَا بِهِ الْأَرْضَ وَمِنْهُمْ مَنْ أَغْرَقْنَا وَمَا كَانَ اللَّهُ لِيَظْلِمَهُمْ وَلَكِنْ كَانُوا أَنْفُسَهُمْ يَظْلِمُونَ
"Setiap umat yang mendustakan Rasul Allah pasti Kami adzab karena dosa mereka. Di antara umat yang mendustakan Rasul Allah, ada yang Kami binasakan dengan angin kencang. Di antara mereka ada yang Kami binasakan dengan petir. Di antara mereka ada yang Kami binasakan dengan ditelan bumi. Di antara mereka ada yang Kami tenggelamkan hingga binasa. Allah tidak sedikit pun berlaku zhalim kepada orang-orang kafir. Akan tetapi, orang-orang kafir itu telah berlaku zhalim terhadap diri mereka sendiri." (QS. Al-Ankabut: 40)

No comments:

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.