Thursday 27 September 2018

Haramnya merokok


Bagi orang-orang yang mempelajari kaidah-kaidah atau prinsip-prinsip syariat dari Al Quran dan sunnah, tidak diragukan lagi, mereka pasti mengetahui keharaman rokok. Karena rokok memiliki bahaya yang besar dan dosa yang wajib dijauhi. Bagi para perokok, hendaknya mereka takut kepada Allah ‘Azza wa Jalla.

Allah Ta’ala berfirman, “Dan janganlah kamu menjatuhkan dirimu sendiri ke dalam kebinasaan“. (QS. Al Baqarah: 195).

Allah Ta’ala juga berfirman, “Dan janganlah kamu membunuh dirimu; sesungguhnya Allah adalah Maha Penyayang kepadamu“. (QS. An Nisaa: 29).


Rokok, dengan persaksian para perokok sendiri adalah sesuatu yang buruk, bukan sesuatu yang baik. Rokok dapat membunuh seseorang, membunuh secara perlahan dan bertahap.

Dalam sebuah penelitian dikatakan bahwa di antara penyebab kematian yang paling utama adalah rokok. Diterangkan bahwasanya lebih dari 500 juta orang mati setiap tahunnya disebabkan oleh rokok.

Rokok itu 100% bahaya dan mudharat, tidak ada manfaatnya sama sekali. Seruan dan nasihat ini kami sampaikan kepada saudara-saudara di negeri tercinta ini, kepada para perokok, para penjual rokok, dan mereka yang terkait dengan hal itu.

Kami menasihatkan, hendaknya mereka bertakwa kepada Allah. Hendaknya mereka mensyukuri nikmat harta dengan cara menafkahkannya di jalan yang Allah ridhai. Mensyukuri nikmat sehat dengan tidak menjadikannya dengan sengaja menjadi sakit. Mensyukuri nikmat badan dengan tidak merusaknya.

No comments:

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.